Profil

A.    PROFIL MA MUHAMMADIYAH 1 PACIRAN
MA Muhammadiyah 1 Paciran merupakan pendidikan Agama Islam dengan status Terakreditasi B yang menggunakan kurikulum KTSP. Dan mencetak lulusan MA Muhammadiyah 1 Paciran mempunyai kemampuan ganda yaitu: pengetahuan umum yang setara dengan lulusan SLTA dengan pengetahuan Agama yang tidak perlu diragukan lagi. Sudah menjadi komitmen MA akan mengantarkan siswanya untuk menjadi insan berkualitas supaya dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi disemua jenis pendidikan yang ada. Dan keberadaannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pada umunya.

1.      IDENTITAS MADRASAH
a.         Nama Madrasah                           : MA Muhammadiyah 1 Paciran
b.         Nomor Statistik                            : 1312 35 24 0049
c.         Alamat Madrasah                         : Komplek Pondok Pesantren Karangasem Paciran
 Telp. & Fax. (0322) 661454     
d.         Tahun Berdiri                               : 1958
Tahun Terakhir Terakreditasi       : 2005
Nilai yang Diperoleh                    : Terakreditasi “B”
Akreditasi Tahun 2010                : Belum
e.         Kondisi Sarana Prasarana Madrasah
1)   Status Tanah                            : Hak Milik
2)                                                   Luas Tanah      : 2.400 M2
3)                                                   Luas Bangunan           : 728 M2
4)               Keadaan Ruang
·          Kantor (Kepala dan Guru): 2 Ruang       
·          Ruang Kelas                     : 6 Ruang
·          Ruang Perpustakaan         : 1 Ruang
·          Ruang Laboratorium IPA            : 1 Ruang
·          Ruang Lab. Bahasa          : 1 Ruang (Milik Bersama)
·          Ruang Komputer              : 1 Ruang
·          Ruang OSIS                     : 1 Ruang
·          MCK                                : 4 Ruang
·          Musholla                           : 1 Ruang
·          Koperasi                           : 1 Ruang (Milik Bersama)
·          Kantin                              : 1 Ruang
·          Gudang                            : 1 Ruang
5)      Perlengkapan Peralatan
·          Meja Siswa                       : 186 Buah
·          Kursi Siswa                      : 372 Buah
·          Meja Guru                        : 6 Buah
·          Kursi Guru                       : 6 Buah
·          Meja Kursi Tamu              : 1 Set
·          Meja Tata Usaha              : 4 Buah
·          Kursi Tata Usaha              : 8 Buah
·          Almari Guru                     : 1 Buah
·          Almari Besar                    : 4 Buah
·          Almari Kaca                     : 2 Buah
·          Almari Kecil                     : 1 Buah
·          Almari Statistik                : 1 Buah
·          Papan Tulis                       : 9 Buah
·          Perlengkapan Olahraga    :
ü Bola Voli                     : 3 Buah
ü Bola Takrow                : 2 Buah
ü Bola Basket                 : 1 Buah
ü Bola Futsal                  : 4 Buah
ü Bet Tenis Meja            : 2 Pasang
6)      Perlengkapan Perpustakaan    :
·       Almari                               : 3 Buah
·       Rak buku                           : 4 Buah
·       Koleksi Buku                    : 1057 Judul
7)       Perlengkapan Lab. IPA          : Ada
8)       Komputer                               : 8 Buah

2.      VISI DAN MISI MADRASAH
Ø  VISI MADRASAH
-          Terwujudnya Madrasah yang bernuansa islamy dan peserta didik yang berkualitas, berwawasan luas dan berakhlakul karimah.
INDIKATOR:
1.      Menggali potensi yang dimiliki oleh madrasah dan bagaimana cara memperdayakan potensi tersebut
2.      Mengetahui kekurangan dan hambatan yang dapat menghalangi kegiatan pendidikan, sehingga dapat mengantisipasinya
3.      Memiliki pedoman operasional dalam mengelola madrasah
4.      Memiliki tolak ukur keberhasilan atau ketidak berhasilan dalam mengelola madrasah
5.      Melaksanakan tugas secara tertib, berdaya guna, dan terarah
6.      Melaksanakan administrasi pendidikan yang baik
7.      Melaksanakan kegiatan belajar mengsajar sesuai dengan target yang di inginkan, sehingga mendapatkan hasil yang optimal
8.      Memberdayakan aset-aset yang dimiliki untuk pemenuhan kebutuhan pelaksanaan kegiatan pendidikan
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders)  bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan. Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.
Di setiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan  bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan silaturahmi. Penjabaran misi di atas meliputi:
1.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
2.      Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
3.      Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
4.      Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
5.      Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang kompeten dan berakhlak mulia.
6.      Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlak tinggi, dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.

Ø  MISI MADRASAH
-          Mengantarkan lulusan yang memiliki kualifikasi:
a)      Mampu mengintegrasikan nilai- nilai agama islam dimanapun mereka berada
b)      Memiliki kompetisi yang tinggi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama
c)      Mampu bersaing dengan lulusan lain dalam setiap perkembangan dan perubahan baik dalam bidang ilmu pengetahuan agama maupun dalam bidang ilmu pengetahuan dunia global.

3.      IDENTITAS KEPALA MADRASAH
a.       Nama Kepala Sekolah                               : Drs. M. ANWAR
b.      Tempat/ Tgl Lahir                                     : Lamongan, 13 Nopember 1965
c.       Alamat Rumah                                        : Desa Sumurgayam Kec. Paciran Kab. Lamongan
  No. HP. 082 140 786 404
d.      Tanggal Pengangkatan Kepala Madrasah : 2 Juli 2011
e.       Pertama diangkat sebagai Kepala pada tahun: 2007

4.      REKAP JUMLAH SISWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
a.       Kelas  X                : 61 Siswa
b.      Kelas  XI IPA        : 33 Siswa
c.       Kelas XI Agama   : 27 Siswa
d.      Kelas  XII IPA       : 26 Siswa
e.       Kelas  XII Agama : 34 Siswa
Jumlah        : 181 Siswa

5.      TUJUAN UMUM
·         Tujuan Pendidikan Nasional:
Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya , yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbdi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
·         Tujuan Pendidikan Muhammadiyah:
Terwujudnya manusia muslim yang bertaqwa, berakhlaq mulia, cakap dan percaya kepada diri sendiri, cinta tanah air, dan berguna bagi masyarakat dan negara, beramal menuju terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridloi oleh Allah SWT.

6.      TUJUAN KHUSUS MA MUHAMMADIYAH 1 PACIRAN
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.
1.      Pada tahun 2009 terjadi peningkatan kualitas sikap dan amaliah keagamaan.
2.      Pada tahun 2010 Madrasah dapat menambah sarana dan prasarana serta fasilitas dalam mendukung peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
3.      Pada tahun 2011 terjadi peningkatan nilai rata-rata Ujian Nasional
4.      Pada tahun 2012 adanya peningkatan pembinaan siswa yang berbakat di bidang Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan dibidang skill.
5.      Pada tahu 2013 terjadi kepedulian warga madrasah terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah

7.      JURUSAN / PROGRAM STUDY
Jurusan / Program Studi
Bidang Keahlian
1.  IPA
v  Exacta
2.   Keagamaan
v  Berbahasa Al-Qur’an


8.      PRESTASI YANG PERNAH DIRAIH
Juara IV (Empat)  ISMUBA Tingkat SMA/ MA pada tahun 2010/ 2011 di UNMUH MALANG atas nama Imamatun Nisa' dan Fitriani Nur Alifah

Juara V (Lima)  ISMUBA Tingkat SMA/ MA pada tahun 2010/ 2011 di UNMUH MALANG atas nama Erlina Febrianti dan Salsabila Firdaus
Juara III (Tiga)  ISMUBA Tingkat SMA/ MA pada tahun 2009/ 2010 di UNMUH MALANG atas nama Erlina Febrianti dan Salsabila Firdaus
Juara III (Tiga) Esay tingkat SMA/ MA pada tahun 2008/ 2009 di UNAIR atas nama Nazilatur Rohma dan Yurike Erantika.
Juara I (satu) Musabaqoh Hifdzil Qur’an Golongan 10 Juz putra tingkat Kabupaten Lamongan pada tahun 2006 atas nama Ahmad Farid
Juara II (Dua) Olycon bidang Study ISMUBA tingkat Nasional di Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2008 atas nama Khofiyah
Juara II (dua) Musabaqoh Hifdzil Qur’an Golongan 5 juz dan Tilawah tingkat Kabupaten Lamongan pada tahun 2006 atas nama Nailul Khoir
Juara III (tiga) Cerdas Cermat Olimpiade PAI Se-Kabupaten Gresik & Lamongan di STIT Maskumambang tahun 2008 atas nama Sukahar Ahmad Syafii, Khofiyah, dan Fawwazah.
Juara III (tiga) Pidato Bahasa Arab Se-Kabupaten Gresik & Lamongan di STIT Maskumambang tahun 2008 atas nama Fawwazah.
Juara III (tiga) Pidato Bahasa Inggris Se-Kabupaten Gresik & Lamongan di STIT Maskumambang tahun 2008 atas nama M. Ibrahim
Juara III (tiga) Musabaqoh Hifdzil Qur’an Golongan 20 Juz putra tingkat Kabupaten Lamongan pada tahun 2006 atas nama Ahmad Syahrul
Juara III (tiga) Musabaqoh Hifdzil Qur’an Golongan 5 Juz dan Tilawah tingkat Kabupaten Lamongan pada tahun 2006 atas nama Mirza Ahmad Sohrab
Juara III (tiga) lomba MTQ Tingkat SMA Se Jawa Timur di FMIPA UNAIR Tahun 2006 atas nama Ahmad Farid

9.      BEASISWA PRESTASI
Beasiswa SPP Madrasah bagi siswa:
1.      Menghafal Al Qur’an 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz
2.      Peringkat I dan II di SLTP disertai Raport Asli dan Surat Keterangan Kepala Sekolah
Keluarga kurang mampu

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More